Camat Banyuurip Hadiri Pengukuhan Konselor Teman Sebaya SMA N 6 Purworejo

By ADMIN 19 Jul 2022, 10:08:42 WIB Kegiatan
Camat Banyuurip Hadiri Pengukuhan Konselor Teman Sebaya SMA N 6 Purworejo

Camat Banyuurip, Siswantoro Dwi Nugroho, SSTP.M.M. menghadiri acara Pengukuhan Konselor Teman Sebaya yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Banyuurip di SMA N 6 Purworejo, Senin (11/07/2022).

Perkembangan sosial para remaja lebih banyak melibatkan kelompok teman sebaya dibanding orang tua. Anak dan remaja lebih banyak melakukan kegiatan di luar rumah seperti kegiatan sekolah, elstrakurikuler dan bermain dengan teman-temannya.

Konseling teman sebaya diartikan sebagai sebuah variasi layanan konseling untuk membantu orang lain yang dilakukan oleh non-profesional (teman sebaya). Konseling teman sebaya dibutuhkan karena kebanyakan remaja menceritakan permasalahannya pada temannya ketimbang pada orang tua, guru, atau pembimbing. Remaja akan lebih jujur dalam menceritakan permasalahannya pada teman sebayanya. Oleh karena itu, konseling teman sebaya merupakan suatu hal yang penting.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih para siswa agar dapat menjadi pendengar yang baik untuk teman sebayanya, untuk melatih siswa mengembangkan skill konseling pada teman sebayanya dan untuk melatih siswa agar dapat memahami suatu permasalahan dan memecahkannya bersama teman.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment