Sosialisasi dan Pembentukan P3A, GP3A dan IP3A Di Desa Kliwonan

By ADMIN 23 Sep 2021, 15:07:21 WIB Ekobang
Sosialisasi dan Pembentukan P3A, GP3A dan IP3A Di Desa Kliwonan

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Banyuurip, Ir. Sudarman S, MM. menghadiri Sosialisasi dan Pembentukan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) dan Induk perkumpulan petani pemakai air (IP3A) di Desa Kliwonan, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Rabu (22/09).

Organisasi P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) dibentuk atas azas kegotorong royongan serta bersifat sosial. Kajian ini bertujuan semua petani pemakai air dapat menghayati tentang organisasi, wilayah kerja serta kegiatan perkumpulan petani pemakai air

Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) adalah istilah umum untuk wadah kelembagaan dari sejumlah P3A yang memanfaatkan fasilitas irigasi, yang bersepakat bekerjasama dalam pengelolaan pada sebagian daerah irigasi atau pada tingkat sekunder (Kementrian_PU, 2007).

Induk perkumpulan petani pemakai air yang selanjutnya disebut IP3A adalah kelembagaan sejumlah GP3A yang bersepakat bekerja sama untuk memanfaatkan air irigasi dan jaringan irigasi pada daerah layanan blok primer, gabungan beberapa blok primer, atau satu daerah irigasi.

Dengan narasumber dari DPUPR Kabupaten Purworejo dan dihadiri oleh babinsa dan bhabinkamtibmas serta peserta dari perwakilan petani di wilayah desa Kliwonan diharapkan para petani pemakai air memahamami bahwa mereka sudah memiliki payung hukum yang jelas.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment