Rembuk Stunting Dan Pengukuhan TPPS Kecamatan Banyuurip

By ADMIN 06 Jul 2022, 15:06:50 WIB Pemberdayaan
Rembuk Stunting Dan Pengukuhan TPPS Kecamatan Banyuurip

Camat Banyuurip, Siswantoro Dwi Nugroho, SSTP.M.M. turut menghadiri kegiatan Rembuk Stunting dan Pengukuhan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan Banyuurip di aula Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Senin (04/07/2022).

Dengan tema Kito Broyo, Stunting Lungo, Purworejo Mulyo, kegiatan ini dihadiri oleh Forkompincam Kecamatan Banyuurip, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, perwakilan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (DINSOSDALDUKKB) Kabupaten Purworejo, Ketua TP PKK Kec Banyuurip dan Desa, Kepala Puskesmas Banyuurip dan Kepala Puskesmas Seborokrapyak, Bidan Desa serta Kader Kesehatan Desa.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Stunting mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak. Anak stunting juga memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit kronis di masa dewasanya.

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk komitmen untuk mempercepat penurunan stunting, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Dalam Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 mengatur antara lain mengenai: 1) strategi nasional percepatan penurunan stunting; 2) penyelenggaraan percepatan penurunan stunting; 3) koordinasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting; 4) pemantauan, evaluasi, dan pelaporan; dan 5) pendanaan termasuk juga menetapkan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang dibentuk ditingkat provinsi, kabupaten/kota, maupun ditingkat Kecamatan dan desa/kelurahan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment