Gencarkan desa ODF, puskesmas banyuurip sosialisasi di desa candisari

By ADMIN 24 Okt 2019, 15:13:57 WIB Pemberdayaan
Gencarkan desa ODF, puskesmas banyuurip sosialisasi di desa candisari

Upaya pencanangan bebas ODF ( Open Defecation ) atau perilaku buang air besar sembarangan dilaksanakan di RW 3 Desa Candisari. Tim dari Dinas Kesehatan, Kades dan perangkatnya serta Camat Banyuurip keliling ke rumah-rumah warga yang masih berkondisi buang air besar sembarangan.

Kegiatan pengentasan perilaku buang air besar sembarangan (BABS/Open defecation) oleh Puskesmas Banyuurip dilaksanakan karena termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/Open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak – semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

Masih ditemukan di beberapa rumah warga yang memiliki WC namun kotoran / tinja dibuang ke kolam ikan. "seperti tidak boleh ada lagi. limbah tidak bisa dijadikan pupuk/konsumsi ikan" ujar kepala puskesmas. Selanjutnya, bebas BABS menjadi program pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. "Pemkab punya target Purworejo bebas BABS, dimana saat ini belum ada satupun kecamatan ODF".

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment