Upayakan pengentasan ODGJ, digelar sosialiasi di Kelurahan Borokulon

By ADMIN 16 Sep 2019, 07:58:14 WIB Kelurahan
Upayakan pengentasan ODGJ, digelar sosialiasi di Kelurahan Borokulon

Dinas Sosdukkbpppa menyelenggarakan sosialisasi ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) di kelurahan borokulon pada hari Jumat (13/09). Sosialisasi dengan narasumber dr Ika, spesialis jiwa RSUD dr Trijtowardojo, dr April, dokter umum Puskesmas Banyuurip, Kepala UPT Puskesmas Banyuurip, serta TKSK Kecamatan Banyuurip.

Peserta sosialisasi meliputi perwakilan keluarga pasien sejumlah 21 orang, pengurus posyandu kelurahan borokulon, ketua umum FKK dan ketua pelaksana harian FKK. Dilaksanakannya di kelurahan borokulon karena banyaknya pasien ODGJ di kelurahan borokulon. Perlunya pendampingan terhadap keluarga dan pasien ODGJ sehingga pasien tersebut kembali ke keluarga dan ke lingkungan seperti layaknya warga masyarakat lain.

Narasumber juga mengemukakab bahwa jenis-jenis gangguan kesehatan jiwa yang sering ditemukan di puskesmas, antara lain : skizofrenia, depresi, insomnia dan kecemasan. Beberapa kendala penanganan gangguan jiwa dirasa belum maksimalnya koordinasi antara pihak-pihak yang menangani ODGJ mulai dari masyarakat, petugas medis, sampai kepada pemerintah selaku pemegang kebijakan. Karena hgal tersebut perlu sosialisasi secara kontinyu tentang pentingnya kesehatan jiwa, agar masyarakat sadar dan berusaha membantu pihak-pihak terkait.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment