Rakor Penanggulangan Kemiskinan Kelurahan Borokulon

By ADMIN 26 Apr 2022, 15:20:13 WIB Kelurahan
Rakor Penanggulangan Kemiskinan Kelurahan Borokulon

Lurah Borokulon, Joko Triyono, SE., MM memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kelurahan Borokulon di aula Kelurahan Borokulon, Kecamatan Banyuurip, kabupaten Purworejo, Kamis (14/04).

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam rapat koordinasi kali ini juga akan dibentuk Puskesos di Kelurahan Borokulon. Puskesos merupakan sebuah layanan Sosialiasasi Pusat Kesejahteraan Sosial. Di mana puskesos ini sendiri dibangun dengan tujuan untuk memudahkan warga atau fakir miskin untuk mendapatkan perlindungan sosial serta lepas dari kemiskinan.

Selanjutnya Ketua LPMK Kelurahan Borokulon, Siswanto, S.Pd. menyampaikan perlunya validasi data. Kaena sangat penting untuk mengetahui bahwa warga tersebut benar-benar layak atau tidak untuk mendapatkan bantuan sosial. Jadi dengan validasi diharapkan tidak terjadi kecemburuan sosial.

Sedangkan Sertu Parlan selaku Babinsa di kelurahan Borokulon menyampaikan akan mendata warga Borokulon sekitar 20 warga untuk menerima bantuan dari Kodim. Siapa warganya akan dikoordinasikan dengan FKK Kelurahan Borokulon.

Pada kesempatan tersebut Kasi Pemberdayaan Kelurahan Borokulon, Widodo, S.Pd menjelaskan tentang pengisian Form untuk verifikasi dan validasi data DTKS Jawa Tengah.

DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdaan Sosial serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). DTKS memuat 40% penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial terendah dan dapat menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment